Minggu, 27 November 2016

Apa Itu Islam, Mengenal Agama Islam Lebih Jauh

Bismillaah…
Bincang- bincang masalah ISLAM, agama yang ada pada diri kita ini…
Agama yang mungkin kita anut, karena KITA ini berasal dari KETURUNAN ISLAM…
Alhamdulillaah, karena Islam merupakan agama satu satunya di Ridhoi Oleh Allah SWT.
Namun, ada sebagian dari kita yang taunya kita Islam saja… tanpa tau makna Islam itu sendiri, yang mana Islam itu adalah agama kita.
Ketika kita di tanya, apa agama kamu ???
tentu kita sebagai orang Islam, akan menjawab agama saya Islam…
Namun, ketika kita di tanya…
Kenapa kamu beragama Islam ???
Apa itu Islam ???
Bisakah kita menjawabnya ???
Mungkin sebagian dari kita, ada yang bisa menjawab….,                                              namun……… ada pula yang mengatakan, karena orang tua saya beragama Islam yaa saya juga ikut beragama Islam…
Berarti, kalau orang tua kamu beragama Nasrani dan Yahudi berarti kamu juga akan beragama Nasrani dan Yahudi juga ???
Lalu apa yang kita jawab ???
Harusnya disini lah kita mulai telaah apa itu Islam…
Syahadat yang kita tau, adalah Asyhadu anla ilaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadar Rosulullaah.
Syahadat Merupakan tanda tangan “KONTRAK” kita kepada Allah SWT, dan itu mengikat kita sebagai Muslim-Seorang pelayan & hamba Allah-yang menyerahkan diri kita sepenuhnya kepada perintah Allah secara utuh berdasarkan syari’ah (hukum)-Nya tanpa kompromi atau keluhan.
Kita harus tunduk sepenuhnya tanpa memodifikasi, mengubah atau meninggalkan apapun dari perintah Allah dan terus menyembah, mengasihi & takut kepada Allah sampai napas kita mati dengan harapan pengampunan dari-Nya dan berharap pahala Jannah (surga) Insya’Allah…. aamiin
ISLAM adalah sebuah kata Arab yang, sejak zaman Nabi Muhammad Shallallaahu ‘alaihi Wasallam, telah memperoleh makna religius dan secara teknis memiliki arti yang penting, yang menunjukkan agama Muhammad dan Al Qur’an.
Islam, etis-religius maknanya, berarti “penyerahan secara menyeluruh untuk kehendak Allaah”
Islam adalah kata benda verbal yang berasal dari akar kata yg terdiri dari tiga huruf slm (Seen, Lam, Mim dalam bahasa Arab) yang membentuk beberapa perbendaharaan kata-kata yang banyak dimana sebagian besar berkaitan dengan konsep keutuhan, penyelesaian dan ikatan / gabungan. Dalam konteks agama itu berarti “penyerahan secara sukarela kepada Allaah”.
Muslim, adalah kata untuk penganut Islam atau orang yang memeluk agama islam, berasal dari kata kerja yang berarti, orang-orang yang percaya kepada Allah SWT dengan menunjukkan ketundukan mereka kepada Tuhan dengan menyembah Allah SWT dan mengikuti perintah-Nya, dan menolak menyekutukan Allaah.
Secara tata bahasanya, kata Islam adalah infinitif bentuk lisan yang terbentuk dalam empat arti. Salima dalam arti intransitif yaitu, “aman”, “untuk aman”, dll. Dalam bentuk kedua yaitu verbalnya (sallama) itu berarti “untuk membuat beberapa orang aman “dan” bebas “,” untuk membuat aman “, dll. Dalam bentuk ketiga (Salama), itu berarti” membuat kedamaian “, atau” menjadi tenang “, yaitu untuk didamaikan”. Dalam bentuk keempat (aslama), yang dalam arti infinitifnya atau arti sebenarnya untuk Islam, adalah “mengundurkan diri”, “untuk menyerahkan diri” atau “menyerah”.
Oleh karena itu Islam, dalam makna etis – keagamaannya, berarti “penyerahan yang menyeluruh kepada Allaah”, dan pengikutnya disebut Muslimun (arti perorangannya, muslim), yang dalam bentuk kata kerjanya, yaitu “mereka yang menyerahkan diri mereka”, atau “percaya”, sebagai lawan dari “yang menolak pesan dari Illahi”, yang disebut kafir, musyrik (yaitu mereka yang menyekutukan Allah dengan berbagai dewa-dewa sembahan), atau orang yang menyembah berhala. Kata Islam ini terkadang memiliki konotasi berbeda dalam berbagai kejadian dalam Al Qur’an. Dalam beberapa ayat, ada penekanan pada kualitas Islam sebagai sebuah keyakinan internal: “Siapa pun yang Tuhan ingin untuk membimbing, Dia memperluas dadanya kepada Islam.” Ayat lain menghubungkan Islam dan DIN (biasanya diterjemahkan sebagai “agama”).
Kita katakan bahwa Islam memiliki makna tetap yang telah sempurna & dalam masa hidup Nabi Muhammad dan kita harus mencari tahu untuk menemukan pengertian yang benar yang Nabi laksanakan dan ajarkan kepada teman-temannya & oleh tiga (3) generasi pertama yang mengikuti. Hanya ketika kita memahami pengertian yang telah ditetapkan, tidak mengubah pemahaman dalam Islam, kita akan benar-benar memahami arti sebenarnya dan dapat bertindak atasnya dengan cara yang sebenar-benarnya.
Insya Allaah bermanfaat yaa🙂
Sumber:https://ritokurniawan.wordpress.com/2012/05/19/apa-itu-islam-mengenal-agama-islam-lebih-jauh/

0 komentar:

Posting Komentar